Perpustakaan

Universitas Islam Riau

NPP : 147107202000001

Perpustakaan

Universitas Islam Riau

NPP : 147107202000001

Academic Comparative Study di Universiti Teknologi Petronas

Seri Iskandar, 18 September 2023 – Delegasi dari Perpustakaan Universitas Islam Riau (UIR) telah menyelesaikan studi banding yang informatif dan mendalam ke Perpustakaan Universiti Teknologi Petronas (UTP) di Seri Iskandar, Malaysia. Rombongan ini terdiri dari 18 staf perpustakaan yang telah tiba pada tanggal  06 September 2023 untuk menggali wawasan tentang praktik perpustakaan terbaik.

Selama kunjungan mereka, delegasi dari UIR memiliki kesempatan langka untuk menjelajahi koleksi yang luas di Perpustakaan UTP, yang mencakup berbagai jenis sumber daya ilmiah dan literatur teknis. Mereka juga mengikuti serangkaian seminar dan lokakarya yang dipandu oleh staf perpustakaan UTP, yang membahas strategi pengelolaan koleksi, teknologi perpustakaan terkini, dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ibu Dr. Sri Yuliani S.Pd., M.Pd., kepala delegasi dari UIR, menyatakan, “Kunjungan kami ke Perpustakaan UTP telah memberi kami wawasan yang berharga tentang bagaimana mengembangkan dan meningkatkan layanan perpustakaan di universitas kami. Kami sangat terkesan dengan upaya UTP dalam mengintegrasikan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan mereka.”

Selain itu, delegasi juga berinteraksi dengan staf perpustakaan UTP dalam diskusi kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman. Ini menciptakan kesempatan untuk membangun jaringan profesional yang lebih luas dalam dunia perpustakaan dan informasi.

Pada akhir kunjungan, delegasi dari UIR melihat bahwa perpustakaan adalah pusat penting dalam mendukung pembelajaran, penelitian, dan inovasi di lingkungan perguruan tinggi. Mereka berencana untuk menerapkan sejumlah praktik terbaik yang mereka pelajari selama studi banding ini di perpustakaan mereka sendiri, untuk meningkatkan kualitas layanan dan sumber daya yang mereka sediakan kepada mahasiswa dan staf mereka.

Perjalanan studi banding ini menunjukkan betapa berharga kolaborasi antar universitas dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman, dan diharapkan akan menjadi langkah awal dalam kerja sama yang lebih erat antara UIR dan UTP di masa depan dalam bidang perpustakaan dan informasi.

Facebook
Twitter
WhatsApp